Laporan
Hasil Kunjungan Industri
XL
Xplor (Cental Park) &
Bina
Nusantara University
Di susun oleh :
Bayu kurniawan
Kelas : X MM 1
Daftar Isi
Cover…………………………………………………………….1
Daftar
Isi………………………………………………………..2
Halaman
Persembahan………………………………….3
Kata
Pengantar…………………………………………………4
BAB I. PENDAHULUAN
a.
Latar Belakang…………………………………………………..5
b.
Tujuan Kegiatan…………………………………………………5
c. Manfaat
Kegiatan………………………………………………5
BAB II.Hasil Kunjungan Industri
a.
XL Xplor
(Central Park)
1.
Pengertian XL Xplor dan Lokasi…………………………6
2.
Tentang XL Xplor………………………………………………7
3.
Macam-macam dan Fungsi Sosmed………………….8
b.
Universitatas Bina Nusantara
1. Tentang
Binus dan Lokasi……………………………….18
2. Bidang/program
Studi Binus…………………………..19
BAB III.
A.
Simpulan…………………………………………………………23
B.
Saran ………………………………………………………………24
HALAMAN
PERSEMBAHAN
Seiring
dengan terselesainya laporan tentang kunjungan industri ini saya ucapkan terima
kasih kepada:
1.
Kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.
Bapak Usman Hasan, S.Pd selaku kepala
sekolah SMK Taruna Bhakti.
3.
Bapak Puguh Rismadi Ismail, S.Kom selaku
guru kejuruan Multimedia dan wakil kepala sekolah Bidang Hub.Industri.
4.
Ibu Ajeng Hidayanti, S.Kom selaku wali
kelas dari X MM 1
5.
Ayah dan Bunda tercinta yang selama ini
tidak bosan-bosannya memberikan bantuan moral,material dan support kepada saya.
Kata
Pengantar
Puji
serta syukur selalu kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah
melimpahkan segala nikmat,rahmad dan hidayahnya sehinga saya dapat
menyelesaikan laporan kunjungan industri ini dapat terselesaikan. Sholawat
serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, Serta kepada para
sahabatnya,keluarga dan kepada seluruh umatnya.
Dalam
pembuatan laporan ini saya telah menerima bantuan dari berbagai pihak, oleh
karena itu saya menghanturkan banyak terima kasih kepada Bapak Ibu dewan guru
serta semua pihak yang telah terlibat dalam pembuatan laporan kunjungan
industri ini.
Depok,26 Februari 2012
Penulis
BAB I
Pendahuluan
A.
Latar
Belakang
Seiring
pesatnya perkembangan teknologi,dunia pendidikan di tuntut untuk lebih
menyongsong Era-Gobalisasi. Dalam usaha peningkatan mutu pendidikan tersebut
maka ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) hendaknya diserapi dengan keimanan
dak ketaqwaan. Ilmu yang didapatkan dalam bangku sekolah dirasakan masih sangat
kurang sehingga diperlukan sebuah kunjungan industri yang bisa membantu kami
dan bisa kami jadikan perbandingan ketika kami menerima pelajaran di sekolah.
Melihat kenyataan yang terjadi di lapangan inilah yang
menyebabkan siswa/i SMK Taruna Bhakti mengadakan kunjungan inustri.
B.
Tujuan
Kunjungan industri
Tujuan kunjungan industri ini adalah
sebagai berikut:
A. Agar
siswa/i dapat pengetahuan dan pengalaman.
B. Agar
siswa/i memahami apa yang di dapat di bangku sekolah dan kenyataan yang ada.
C.
Manfaat Kunjungan Industri
1. Manfaat
kunjungan industri bagi siswa:
a. Menambah
wawasan pengetahuan dan pengalaman
b. Terjalin
hubungan yang lebih erat antara SMK Taruna Bhakti depok dengan perusahaan/kampus/industry
sehingga memudahkan akses lulusan untuk mencari pekerjaan di perusahaan yang
bersangkutan
2. Bagi
perusahaan/industy/kampus
a.
Usaha/industri/kampus diharapkan
mendapatkan inovasi sehingga perusahaan/kampus bisa lebih maju.
b. Memudahkan
perusahaan/industri/kampus untuk mencari tenaga kerja bependidikan dan
berpengalaman.
BAB II
Hasil Kunjungan Industri
A. XL Xplor (Centarl Park)
1. Pengertian XL Xplor
XL Xplor merupakan sebuah tempat dan
sarana edukasi pelanggan mengenai teknologi layanan data terbaru dalam bentuk
showcase dan live yang terlengkap,sehingga merupakan pusat live experience
pertama untuk teknologi komunikasi terbaru yang ada di Indonesia. XL Xplor yang berlokasi di mall
Central Park,Jakarta, telah di resmikan oleh Direktur Service Management XL,
Ongki Kurniawan, pada hari Kamis, 14 Juni 2012. Bersamaan dengan acara
tersebut,Museum Rekor Indonesia (MURI) juga menetapkan XL sebagai “Provider Pertama yang Memiliki Experience Center untuk Edukasi
Teknologi Komunikasi”.
Lokasi
XL Xplor (Central Park) : Central
Park, LG #L232-L233 (Jalan Letnan S Parman Kav. 28), Jakarta Barat,DKI Jakarta
11470, Indonesia
2. Tentang Xl
PT XL Axiata Tbk (XL) merupakan
salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Perusahaan telekomunikasi
yang mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996 ini merupakan
penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh
Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan
korporat (Business Solutions). XL merupakan satu-satunya operator yang memiliki
jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL3G pada 21 september
2006, layanan telekomunikasi seluler berbasis 3G pertama yang tercepat
danterluas diIndonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad
(“Axiata Group”) melalui axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,6%) dan
sisanya Emirates Telecommunications corporation (Etisalat) melalui Etisalat
International Indonesia Ltd (13,3%), serta publik (20,1%). Sebagai bagian dari
Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), HELLO (Cambodia), Idea
(India), MTCE (Iran), Celcom (Malaysia), Multinet (Pakistan), M1
(Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka), menjadi yang terbaik di
wilayah Asia, Semoga kehadiran XL Xplor bena-benar mampu menjadi tempat yang
tepat bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan data secara lengkap,
sahih, dan akurat seiring dengan meningkatnya animo masyarakat sebagai bagian
dari masyarakat global yang “haus informasi”.
3.
Macam-Macam
dan Fungsi Sosmed
Siapa sih
yang ngak kenal Facebook? Siapa sih yang belum punya akun Facebook?
Kayaknya
pertanyaan-pertanyaan itu ngak perlu dijawab deh. Secara, Facebook tuh jejaring
sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia khususnya
di Indonesia. Indonesia menduduki peringkat 3. Peringkat 1 dan 2 diduduki oleh
Amerika Serikat dan juga India.
Kenapa Facebook paling sering digunakan? Jawabannya yah karena Facebook itu user friendly. Udah gitu, fitur-fiturnya banyak banget. Kita tidak hanya bisa update status atau upload foto atau video, tapi kita juga bisa berbisnis di Facebook. (Ini sekarang yang aku lakuin.
Kenapa Facebook paling sering digunakan? Jawabannya yah karena Facebook itu user friendly. Udah gitu, fitur-fiturnya banyak banget. Kita tidak hanya bisa update status atau upload foto atau video, tapi kita juga bisa berbisnis di Facebook. (Ini sekarang yang aku lakuin.
Ini nih,
social networking yang ngak kalah hebatnya dengan Facebook. Twitter. Tapi twitter
ini jelas sangat-sangat berbeda dengan Facebook. Kenapa beda? Iyalah beda. Coba
aja masuk. Tampilannya beda banget. Udah gitu istilah-istilah yang dipakai juga
beda.
Kalau di
Facebook, kita kan harus berteman dulu dengan orang, baru deh kita bisa chat atau
saling berkomentar di status. Nah, kalau Twitter ngak main kayak begituan.
Adanya tuh Follow. Fungsi dari Follow itu adalah supaya kita bisa mengetahui
status terbaru dari orang yang kita Follow tersebut. Jadi kalau kita tidak
ingin mengetahui apa-apa tentang orang tersebut, yah ngak usah di follow aja.
Makanya
kenapa artis-artis lebih memilih menggunakan Twitter dari pada Facebook. Tapi
ya begitulah, untuk kalangan orang-orang yang sudah nyaman menggunakan
Facebook, mereka akan mengatakan bahwa Twitter itu ribet. Mau tahu ngak
ribetnya tuh kenapa? Kita hanya dibatasi 140 karakter. Udah gitu ngak ada yang
namanya komentar-komentar. Yang ada tuh RT(Reply Twitter). Ini nih yang sedikit
membingunkan.
3.GOOGLE+
3.GOOGLE+
Jujur, saya
belum pernah sama sekali menyentuh google+. Jadi maaf saya tidak bisa
memberitahu lebih banyak tentang jejaring sosial ini. Tapi setelah saya search,
ternyata kelebihan google+ dibandingkan dengan facebook dan juga twitter yaitu
memungkinkan pengguna secara selektif berbagi dengan grup tertentu dalam
lingkaran teman yang ada. Alhasil semua kegiatan berbagi tak langsung dibagi ke
semua pengguna sekaligus.
Nah, untuk
masuk ke halaman google+ gambang banget. Kita tinggal masuk aja ke halaman
pencaarian google di http://www.google.com , setelah itu di bagian pojok kiri
atas klik link +Anda.
Yahoo
Messenger. Wuah, ngak usah dibicarain deh. Udah jago banget nih social
networking yang satu ini. Banyak banget kelebihannya. Nih ya aku sebutin satu
per satu.
1.Bisa video streaming.
2.Bisa smsan.
3.Bisa teleponan.
2.Bisa smsan.
3.Bisa teleponan.
Itu sih yang
paling lebih dari YM (Yahoo Messenger) dibanding dengan yang lain. Tapi
fasilitas chat, new status masih tetap ada kok kayak yang lainnya.
Bisa di
bilang ini buyutnya social networking kali ya. Langsung aja ya kita masuk di
kelebihannya.
1. Jumlah teman tak dibatasi.
3. Tidak perlu login dan menyetujui
sebuah aplikasi ketika kita menerima komentar atau kiriman pesan berbasis html
atau Javascript.
4. Tidak bisa mengupload gambar-gambar
yang tidak sopan dan tak senonoh.
5. Tidak berafiliasi dengan berbagai
aplikasi sehingga data atau gambar-gambar yang kita upload hanya menjadi milik
kita dan Myspace tanpa dibagi pada pihak lain.
6. Sangat mudah membuat playlist musik
yang kita suka dan menyimpannya di halaman profil.
7. Halaman profil lebih mewah dan mudah
untuk diganti kapanpun kita mau. Khusus fitur ini, kita bebas mengambil dari
Myspace atau pun pihak luar yang tidak berafiliasi dengan Myspace.
8. Menyediakan fasilitas halaman khusus
yang disebut 'Myspace Music' buat para musisi atau group band yang ingin
mempromosikan diri dan karyanya,
9. Lebih mirip sebuah website.
Plurk.
Kenapa dinamakan Plurk? Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog
gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu
plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang
maksimum 140 karakter. Wah, sama nih kayak twitter. Tapi ada bedanya donk. Ini
dia kelebihan dari plurk.
1. Mempunyai tampilan yang dapat kita
ubah sesuai dengan keinginan.
2. Tidak banyak reload.
3. Plurk memiliki penghargaan kepada
pengguna seperti karma dan lencana yang didapatkan setelah memenuhi syarat
tertentu. Yang tentu saja membuat pengguna plurk jadi mempunyai tanda dari apa
yang mereka lakukan selama ini.
Sebenarnya
Skype dengan Yahoo Mesengger hampir sama. Nih ya kelebihan skype.
1. Skype dapat secara otomatis
menyimpan hasil chatting, tanpa perlu melakukan apapun.
2. Tampilan Jendela Skype kelihatan
lebih menarik dan profesional.
3. Berbicara dengan skype antar
komputer/laptop hasilnya sangat jelas.
4. Proses pengiriman file pada skype
juga lebih mudah.
Friendster
merupakan social networking pertama yang di kenal di Indonesia sebelum
munculnya Facebook. Bisa di bilang, Friendster merupakan pelopor munculnya
Facebook dan Twitter. Kalau mau bicara kelebihan dari Friendster, sebenarnya
sama saja sih dengan Facebook. Ada fasilitas buat update status, upload foto,
nyari teman sebanyak-banyaknya, pokonya semuanya ada semuanya di Facebook dan
Twitter.
Nah, kalau
mau bicara kekurangannya lumayan. Hehehe
Di
Friendster, tidak ada fasilitas untuk mengomentari status dan juga tidak ada
fasilitas chatting.
Tapi ada
satu jagonya Friendster, kita bisa mengubah background sesuai dengan
keinginannya kita. Ini yang di ikuti twitter kali ya.
Me2day nih
social networking kepunyaan Korea. Kenapa aku masukin ini ke tulisanku? Yups,
karena sekarang Indonesia lagi demam banget sama semua yang berbau Korea. Dari
Girlband & Boyband, bahasa Korea, makanannya, pokoknya semuanya deh yang
berbau Korea.
Mungkin
waktu pertama kita masuk ke halaman Me2day di http://www.me2day.net/ ,, kita akan dikejutkan dengan
tulisannya. Kenapa? Semuanya tulisan Hangul. Oh ya? Tapi tenang. Bisa pakai
bahasa Inggris juga kok.
Fasilitanya
sama aja sih kayak social networking yang lain. Yang bikin beda cuma
penggunanya aja. Kebanyakan orang Korea.
Ini nih
social networking kepunyaan Indonesia. INDOGOO , kalau ngak salah
kepanjangannya itu Indonesia Go Online. Bangga saya jadi orang Indonesia. Ngak
kalah bersaing dengan orang-orang di luar sana. Hehehe
Di Indogoo
ini fasilitas dari Facebook, Twitter, dan Plurk sepertinya digabungkan.(Menurut
penglihatanku). Karena di Indogoo ini ada fasilitas untuk tambahkan jadi teman,
follow, dan lencana. Keren-keren.:)
11. Blog
Blog merupakan sosial media yang
lebih bersifat ke arah pribadi. Seseorang dapat menuliskan atau mencurahkan isi
hatinya ke dalam blog.
12. Youtube
Youtube Tidak beda jauh dengan
MySpace, Youtube yang khusus untuk menamplikan video, menjadi sosial media
untuk mempromosikan video klip baru para musisi atau mempromosikan film – film
baru
Fungsi sosial media
Social media, atau yang
biasa disingkat dengan SocMed, adalah berbagai sekelompok aplikasi berbasis
internet yang dibangun berdasarkan pada fondasi teknologi dan ideologi web 2.0
yang memungkinkan adanya penciptaan dan pertukaran isi oleh si pengguna social
media tersebut. Fungsi social media ini sendiri adalah sebagai jaringan
komunikasi sosial melalui internet.
Social media
yang terbanyak penggunanya diantaranya
adalah Facebook, Twitter,LinkedIn, dan masih banyak lagi. Siapa yang
tidak kenal dengan facebook? Atau adakah masyarakat yang tidak tahu apa itu
twitter? Dua social media tersebut adalah dua yang paling aktif digunakan oleh
masyarakat saat ini. Tanpa adanya biaya untuk masuk ke Facebook atau Twitter,
siapapun bisa menjalin pertemanan dan komunikasi via internet.
Menurut mba
Ajeng, setiap individu bisa menjadi pemimpin melalui social media tersebut.
Guru, misalnya, dapat memanfaatkan social media sebagai media untuk menjalin
komunikasi virtual kepada anak didiknya atau sesama rekan guru lainnya. Kita
dapat berbagi ilmu dan informasi untuk kepentingan kemajuan pendidikan.
Bahkan,
twitter dapat menjadi ajang komunikasi sosial yang sangat penting. Bayangkan jika
setiap ilmu atau info penting yang kita sampaikan di twitter dapat diakses dan
dibaca oleh follower kita, maka tentu ilmu itu akan juga bermanfaat bagi orang
lain. Dengan twitter pun, kita dilatih untuk mampu menulis dengan singkat
mengingat karakter yang tersedia hanya 140 karakter! Kita harus mulai belajar
menyampaikan info dengan singkat namun jelas dan padat.
Lainnya
halnya dengan facebook. Disana kita dapat lebih leluasa menulis karena tersedia
fitur note dimana kita dapat mengungkapkan informasi dengan lebih maksimal.
Sayangnya, Facebook saat ini lebih banyak dimanfaatkan orang untuk berjualan,
sehingga wall kita dipenuhi dengan promosi-promosi, yang kadang mungkin sedikit
banyak mengganggu kita.
Sebenarnya,
para marketer itu bisa menawarkan barangnya di blog mereka sendiri. Blog
berbeda dengan facebook ataupun twitter. Blog, yang merupakan singkatan dari web
log, adakah jurnal. Blog adalah sejenis website atau bagian dari website yang
isinya dapat diupdate dari waktu ke waktu oleh pemiliknya. Blog akan muncul
secara kronologis sesuai dengan waktu postingannya.
Di blog,
individu dapat dengan leluasa menuliskan ide-ide pikirannya, atau menyampaikan
laporan-laporannya, atau bahkan men-share tip-tip khusus yang bisa diakses oleh
para netter. Bahkan bisa digunakan untuk berjualan! Ada banyak jenis/kategori
blog saat ini. Diantaranya adalah angry blogger, political blogger, emo
blogger, obsessive blogger, travel blogger, activist blogger, tech blogger,
gaming blogger, food blogger, fashion blogger, dan masih banyak lagi. Bahkan
sekarang sudah ada yang namanya video blogging dimana isi blognya berupa
video-video, atauphotoblogging, yang mengkhususkan isi blog mereka pada foto atau
gambar.
Ternyata
begitu banyaknya hal yang saya belum tahu dan disinilah saya mendapat banyak
ilmu dan informasi baru. TOT ICT ini benar-benar membuka wawasan saya, dan juga
mungkin para peserta lainnya, tentang internet, social media, dan blogging.
Semoga IGI Bekasi, Blogger Bekasi, dan Indosat akan
terus mengadakan event-event seperti ini sehingga akan semakin banyak guru yang
melek teknologi dan mampu mengembangkan kualitas dirinya dengan banyak belajar.
1.4 Dampak yang di timbulkan Sosial
Media (Negatif &Positif)
Berikut
adalah dampak negatif penggunaan facebook bagi kaum pelajar dan pemuda:
Dampak
negatif :
~ Berkurangnya waktu belajar
Terlalu lama bermain facebook akan mengurangi jatah waktu belajar bagi kaun pelajar.
~ Menghamburkan uang
Akses internet untuk membuka facebook jelas berpengasruh terhadap kondisi keuangan.
Dan biaya di Indonesia cenderung masih mahal di banding negara lain.
~ Menggangu kesehatan
Terlalu lama duduk atau nongkrong di depan monitor dapat menyebabkan gangguan pada mata.
~ Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan
Ini adalah dampak terlalu sering dan terlalu lama bermain dengan facebook, ini cukup menghawatirkan bagi perkembangan kehidupan bagi kaum pelajar. Seharusnya waktunya untuk bersosialisasi tapi dihabiskan di dunia maya bersama-sama dengan teman-temannya. Akibatnya verbal kaum pelajar menurun.
~ Kurangnya perhatian untuk keluarga
Keluarga dirumah adalah nomor 1. Slogan tersebut tidak berlaku bagi para facebookers. Maka dari itu perhatian untuk keluarga jadi berkurang
~ Tersebarnya data pribadi
Biasanya para facebookers memberikan data pribadinya secara detail. Mereka tidak tau resikonya menyebarkan data pribadi di internet. Makanya Hati-hati ya…
~ Mudah menemukan sesuatu berbau ponografi dan sex
Para facebookers mudah sekali menemukan hal yang berbau porno n sex.
~ Rawan terjadinya perselisihan
ketidakdewasaan peggunaan facebookers itu sendiri dapat memicu terjadinya perselisihan
~ Dapat terjadi penipuan
~ Berkurangnya waktu belajar
Terlalu lama bermain facebook akan mengurangi jatah waktu belajar bagi kaun pelajar.
~ Menghamburkan uang
Akses internet untuk membuka facebook jelas berpengasruh terhadap kondisi keuangan.
Dan biaya di Indonesia cenderung masih mahal di banding negara lain.
~ Menggangu kesehatan
Terlalu lama duduk atau nongkrong di depan monitor dapat menyebabkan gangguan pada mata.
~ Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan
Ini adalah dampak terlalu sering dan terlalu lama bermain dengan facebook, ini cukup menghawatirkan bagi perkembangan kehidupan bagi kaum pelajar. Seharusnya waktunya untuk bersosialisasi tapi dihabiskan di dunia maya bersama-sama dengan teman-temannya. Akibatnya verbal kaum pelajar menurun.
~ Kurangnya perhatian untuk keluarga
Keluarga dirumah adalah nomor 1. Slogan tersebut tidak berlaku bagi para facebookers. Maka dari itu perhatian untuk keluarga jadi berkurang
~ Tersebarnya data pribadi
Biasanya para facebookers memberikan data pribadinya secara detail. Mereka tidak tau resikonya menyebarkan data pribadi di internet. Makanya Hati-hati ya…
~ Mudah menemukan sesuatu berbau ponografi dan sex
Para facebookers mudah sekali menemukan hal yang berbau porno n sex.
~ Rawan terjadinya perselisihan
ketidakdewasaan peggunaan facebookers itu sendiri dapat memicu terjadinya perselisihan
~ Dapat terjadi penipuan
Dampak
Positifnya:
~ Sebagai media promosi
~ Sarana diskusi
~ Tempat curhat
~ Mengetahui potensi diri
~ Menambah teman
~ Sebagai media promosi
~ Sarana diskusi
~ Tempat curhat
~ Mengetahui potensi diri
~ Menambah teman
B. Universitas Bina Nusantara (BINUS)
1.
Pengertian Binus
University
Universitas Bina
Nusantara yang juga dikenal dengan BINUS University adalah salah satu
universitas swasta Indonesia yang berlokasi di Jakarta,Indonesia. Universitas
ini bernaung di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara.
2.
Lokasi
Lokasi
Binus University Jl. KH Syahdan 20 Kemanggisan
Palmerah Jakarta Barat DKI Jakarta, Indonesia +62
21 5345830 · binus.ac.id.
Universitas Bina
Nusantara memiliki 5 buah kampus yan berbeda.
Ø Kampus
Syahdan
Kampus yang terletak di
Jl.K H. Syahdan No. 9, Kelurahan
Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat 11480
Ø Kampus
Anggrek
Kampus yang terletak di
Jl.Kebon Jeruk Rayan No. 27, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530.
Ø Kampus
Kijang
Kampus yang teletak di
Jl. Kemanggisan llir No. 45, Kelurahan Kemanggisan, Jakarta Baray 11480.
Ø Kampus
Alam Sutera
Kampus yang terletak di
Jl. Alam Sutera Boulevard No. 1, Serpong, Tangerang 15325.
Ø Kampus
JWC
Kampus yang terletak di
Jl. Hang Lekir I No. 6, Senayan, Jakarta Selatan 10270. Kampus ini hanya
digunakan untuk program kuliah internasional.
3. Program Kuliah
Universitas
Bina Nusantara memiliki tiga jenis program kuliah, yaitu program
reguler,internasional, dan secara darling.
a.
Program
kuliah reguler
Terdapat 3 tingkatan program kuliah reguler yang
disediakan oleh Universitas Bina Nusantara yang terdiri atas
tingkat sarjana, magister dan doktor.
A. Tingkat sarjana
Universitas Bina Nusantara menawarkan perkuliahan
sarjana dengan satu gelar dan program ganda di mana mahasiswa akan memperoleh
dua gelar sarjana dari sekolah atau fakultas yang berbeda. Tingkat sarjana
memiliki 3 fakultas dan 4 sekolah.
B.
Program kuliah satu gelar
·
Fakultas Ekonomi dan Komunikasi
·
Akuntansi
·
Keuangan
·
Manajemen
Hotel (D4)
·
Komunikasi
Pemasaran
·
Fakultas Teknik
·
Arsitektur
·
Teknik Sipil
·
Teknik
Komputer
·
Teknik
Industri
·
Sekolah Ilmu
Komputer
·
Teknik
Informatika
·
Teknologi
dan Aplikasi Permainan
(Game Application and Technology)
(Game Application and Technology)
·
Teknologi
dan Aplikasi Bergerak
(Mobile Application and Technology)
(Mobile Application and Technology)
·
Sekolah Desain
·
Desain
Komunikasi Visual Animasi
·
Desain
Komunikasi Visual Periklanan Kreatif
·
Desain
Komunikasi Visual Media Baru
·
Desain
Interior
·
Sekolah Sistem
Informasi
·
Sistem
Informasi
·
Komputerisasi
Akuntansi
·
Sistem
Informasi Audit
·
Sekolah Bisnis dan Manajemen
·
Bisnis &
Manajemen Internasional
·
Pemasaran
Internasional
·
Manajemen
·
Fakultas Humaniora
·
Hukum Bisnis
·
Hubungan
Internasional
·
Psikologi
·
Sastra Cina
·
Sastra
Inggris
·
Sastra
Jepang
Program kuliah ganda
·
Teknik
Informatika dan Matematika
·
Teknik
Informatika dan Statistika
·
Teknik
Industri dan Manajemen
·
Sistem
Informasi dan Akuntansi
·
Sistem
Informasi dan Manajemen
·
Sistem
Informasi dan Teknik Industri
C. Tingkat magister
Universitas Bina Nusantara menawarkan perkuliahan
magister dengan satu gelar dan program ganda di mana mahasiswa akan memperoleh
dua gelar magister, satu dari Universitas Bina Nusantara dan satunya lagi
dari Universitas Macquarie. Mahasiswa dapat mengkombinasikan program
kuliah yang diinginkannya. Tingkat magister memiliki 3 sekolah.
Program kuliah satu gelar
·
Magister
Teknik Informatika
·
MTI Information Engineering
·
MTI IT Infrastructure Management
·
Magister
Manajemen Sistem Informasi
·
MMSI Enterprise Information Systems
·
MMSI Information Systems Valuation
·
Magister
Manajemen/Sekolah Bisnis
·
MM Keuangan
Terapan
·
MM Manajemen
Bisnis - Profesional Muda
·
MM Manajemen
Bisnis - Profesional
·
MM Analisis
Keuangan - Profesional Muda
·
MM Pemasaran
Kreatif - Profesional Muda
·
MM Eksekutif
·
MM Pemasaran
Strategis
Program kuliah ganda
·
Master of Commerce in International Business
·
Master of Commerce in Applied Finance
·
Master of Commerce in Marketing
Tingkat doktor
Tingkat doktor hanya memiliki satu program yaitu Research
in Management.
a. Program kuliah internasional
Program kuliah internasional memperoleh
gelar sarjana dari universitas rekanan Universitas Bina Nusantara di
luar negeri.
·
Accounting
·
Communication
·
Computer Science
·
Fashion Design
·
Fashion Management
·
Film
·
Graphic and New Media
·
Hospitality & Tourism Management
·
Information System
·
International Business
·
Marketing
b. Program kuliah daring
Program kuliah daring memperoleh gelar sarjana dengan
belajar dari jarak jauh melalui media internet.
·
Akuntansi
(D3 Lanjutan-S1)
·
Manajemen
Pemasaran (D3 Lanjutan-S1)
·
Manajemen
Pemasaran (S1)
·
Sistem
Informasi (D3 Lanjutan-S1)
BAB
III
A.
Simpulan
1.
Kesehatan dan keselamatan kerja merupakan faktor
yang harus di perhatikan dalam industri agar tidak terjadi kecelakaan dan
penyakit kerja.
2.
Mengembangkan ilmu yang di dapat di bangku sekolah
sesuai dengan jurusan masing-masing.
3.
SMK mencetak generasi yang siap pakai sesuai dengan
bidangnya.
B.
Saran
Sebelum melaksanakan kunjungan industri
hendaknya siswa mengetahui beberapa hal penting tentang proyek objek yang akan
dikunjungkan. Misalnya mempersiapkan pertanyan yang akan ditanyakan di dalam
sebuah perusahaan yang akan dikunjungkan.
Selanjutnya
untuk menjalin kemitraan yang baik antara perusahaan dengan jurusan Multimedia
perlu komunikasi yang baik antara sekolah dengan perusahaan yang akan di tuju,
sehingga akan memudahkan siswa/i setelah lulus nanti.